Home / Tips dan Trik / Cara Atasi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Cara Atasi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Cara Atasi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Cara Atasi Hardisk Eksternal Error Minta Format – Hai jumpa lagi dengan saya, admin suparnoblog. Maaf ya udah lama gak nulis artikel hehe. Ya karena banyak kesibukan jadi jarang buat artikel nih. Nah sebagai obat kangen kali ini saya ingin membagikan tips Cara Atasi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB.

Sengaja saya membagikan pengalaman ini sebab saya sendiri baru-baru ini mengalami kasus, dimana hardisk eksternal saya tiba-tiba muncul pesan minta di format ketika saya colokan ke USB. Saya bingung banget untuk ngatasi hal ini, mana semua file penting saya ada di hardisk tersebut, ya karena barusan saya pindahkan semua file saya ke dalam hardisk eksternal saya, sebab di  hardisk laptop saya sudah penuh dan mulai lemot. Makanya untuk berjaga-jaga saya pindahkan ke hardisk.

Memang 2-3 hari gak ada masalah sih, cuma pas hari ke-4 saya kaget banget ketika saya mau membuka salah satu file di hardisk tersebut. Sebab tiba-tiba loadingnya lama banget dan muncul pesan bahwa hardisk saya mau di format untuk bisa membukanya, seperti ini tampilannya.

Cara Atasi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Wah saya kalang kabut, karena semua file saya ada di hardisk tersebut, makanya saya browsing dan tanya mbah google untuk mengatasinya. Berbagai cara sudah saya lakukan termasuk menggunakan aplkasi untuk mengembalikan file-file saya tersebut, namun semua hasilnya NIHIL. Makanya saya sempat berpikir wah emang harusa di format nih, batin saya.

Tapi karena teringat file-file penting yang ada di dalamnya saya mengurungkan niat untuk memformat hardisk saya, sebab saya tahu resikonya bahwa kalau saya format pasti semua data saya akan hilang ketika di format.
Sebab saya juga berpikir bahwa saya gak ada backup, jadi saya putuskan untuk tanya sana-sini, tapi hasilnya masih NOL. Dan akhirnya saya teringat dengan keponakan saya yang bekerja di Toko Komputer, mungkin dia tahu batin saya. Makanya tanpa berpikir panjang saya langsung tanyakan ke penokan saya tersebut apakah ada cara lagi untuk menyelamatkan file-fila saya. Dan saya juga bertanya kenapa bisa terjadi seperti itu dan apa penyebabnya?

Baca juga: Cara Mudah Membuat Video Tutorial dengan Camtasia

Akhirnya saya tahu bahwa penyebabnya adalah kerena saya sembarangan mencabut hardisk tersebut tanpa menggunakan menu Eject yang ada di dalam perangkat komputer saya. Pantes, batin saya, karena seingat saya, memang saya sempat mencabut hardisk tersebut tanpa menekan menu EJECT. Trus akhirnya saya di beri solusi oleh keponaka saya bagaimana cara atasi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB saya tersebut.

Ya, walau dia katakan cara ini belum tentu akan berhasil, tapi gak ada salahnya untuk di coba, dan akhirnya tanpa pikir panjang sayapun langsung praktekkan apa yang di perintahkan oleh keponakan saya tersebut. Sambil berharap-harap cemas saya ikuti setiap langkahnya, dan …alhamdhulillah BERHASIL! Hardisk saya bisa di buka lagi dan tereselamatkan lah file-file penting saya, makasi ya Allah karena tanpa ijinmu semua ini pasti mustahil. Pasti temen-temen pada penasaran ya bagaimana cara mengatasi Hardisk Eksternal Error Minta Format tersebut?

Ok saya akan bagikan caranya di bawah ini.

1. Pertama colokkan dulu hardisk eksternal Anda ke USB komputer atau laptop seperti biasa. Jika muncul kotak pesan perintah untuk format seperti diatas tadi Anda close atau abaikan saja. Kemudian cek dimana lokasi drive hardisk eksternal Anda, misal di drive D, E, F, dan seterusnya, kalau contoh punya saya adalah di G. Hal ini tergantung jumlah partisi hardisk yang ada di komputer Anda dan biasanya drive media eksternal akan terdapat paling akhir.

2. Langkah selanjutnya adalah Anda buka kotak dialog Run Windows/CMD Promt. Caranya bisa melalui menu Start > Run atau cara cepatnya tekan saja tombol Windows + R pada keyboard komputer Anda. Setelah itu silahkan Anda ketikkan perintah chkdsk /f G:. G adalah lokasi drive hardisk eksternal, jadi silakan sesuaikan saja seperti yang dijelaskan pada point 1. Catatan: perintah di atas pakai spasi ya antara chkdsk, /f dan G nya.

Cara Atasi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB 1

3. Langkah selanjutnya Anda tekan tombol Enter pada keyboard dan tunggu beberapa saat sampai proses scan selesai. Lama proses ini tergantung besar kapasitas hardisk eksternal Anda. Jika besar, maka prosesnya akan lama.

Cara Atasi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB 1

Note: Maksud dari kode perintah yang telah Anda ketikkan pada kotak dialog Run tadi adalah perintah chkdsk adalah berfungsi untuk mengecek seluruh data dalam hardisk eksternal serta memverifikasinya. Perintah /f  berfungsi untuk melakukan pengecekan dan juga memperbaiki setiap kesalahan yang ditemukan pada hardisk eksternal Anda. Sedangkan perintah G: adalah seperti yang sudah dijelaskan diatas adalah lokasi dimana drive hardisk eksternal yang ada di komputer Anda.

Jika sudah selesai coba anda buka hardisk eksternal Anda, semoga saja cara ini bisa menyelamatkan data-data penting yang ada di Hardisk Anda.

Baca juga: Demo Cara Bikin Kemasan Cover 3D kurang dari 5 Menit

Ok mungkin hanya itu saja sharing saya kali ini tentang Cara Atasi Hardisk Eksternal Error Minta Format ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di artikel yang lainnya. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silahkan kirim lewat kolom komentar di bawah artikel ini.

About Suparno

Nama saya Suparno, seorang mantan Karyawan. Saya mantan Karyawan yang saat ini berprofesi sebagai seorang full time blogger dan Internet marketer. Saya tinggal di Solo, Jawa Tengah. Selama menjalani bisnis online, saya telah mengalami beragam kegagalan dan trial dan error. Di blog inilah saya berbagi pengalaman tersebut yang semoga bermanfaat untuk sobat semua.

Periksa Juga

6 Tempat Menempatkan kata kunci Pada Artikel Yang Tepat

6 Tempat Terbaik Untuk Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Pada Artikel Website Menempatkan kata kunci (keyword) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Mohon maaf konten dilindungi hak cipta !!